Identifikasi Identitas Kaum Muda di Tengah Media Digital (Studi Aktivitas Kaum Muda Indonesia di Youtube)

Soraya Fadhal, Lestari Nurhajati

Abstract


Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan tingkat penggunaan situs jejaring sosialnya oleh kaum muda sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Kondisi ini bisa dipahami mengingat bahwa kehadiran internet  beriringan dengan kelahiran kelompok usia muda ini. Kaum muda seperti remaja atau mahasiswa adalah  kelompok  yang sedang dalam proses mencari jati diri. Dalam kondisi ini, kaum muda  mulai  membangun konsep diri dan identitas mereka. Kehadiran dunia maya melalui media digital, turut membawa perubahan dalam pola komunikasi masyarakat, seperti menghadirkan identitas, budaya atau euphoria massa, salah satu contohnya adalah kehadiran video lip-sync melalui Youtube.  Penelitian ini ingin bertujuan untuk  mengetahui bagaimana kaum muda di Jakarta memaknai gejala kaum muda  Indonesia yang menghadirkan dirinya, temannya atau kelompoknya melalui berbagai pesan yang dikomunikasikan dalam media digital seperti Youtube, dan pada akhirnya ingin mendapatkan gambaran seperti apa identifikasi identitas kaum  muda Indonesia di tengah  media digital  yang dihadirkan oleh kaum muda tersebut  melalui aktivitas mereka atau teman-teman mereka (kaum muda lainnya) melalui medium Youtube. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam pada kaum muda usia 15-24 tahun di Jakarta yang aktif menggunakan internet dan melakukan kegiatan di dunia maya, khususnya Youtube. Penelitian ini menemukan bahwa internet adalah media dominan yang digunakan kaum muda saat ini dan kaum muda memaknai aktivitas mereka di Youtube sebagai ekspresi, eksistensi dan kebebasan diri. Identitas kaum muda bersifat instan, tidak tunggal, sangat luwes, cair dan menjadi suatu pendobrak standar atau versi eksistensi manusia dalam dunia nyata.


Indonesia is one of biggest social-networks-user countries in the world. Internet has become famous among youngsters’. This condition is understandable due to its presence which in the same era with those youngsters’ existences. Youngsters, such as teenagers or students, are in their time of searching their social and self identity. In such circumstances, they build their self concepts and identities. Digital media, undoubtedly affects communication pattern in society and create identity, culture or mass euphoria, as the presence of videos on youtube. This writing aims to perceive how youngsters in Jakarta identify Indonesian youngsters phenomena to be existed in digital media and to describe youngsters’ identities through their yotube activities. The research used qualitative descriptive approach, with depth interview to youngsters between 15-24 y.o in Jakarta, who are actively using internet, especially youtube. Findings show that internet has been dominant media among yougsters and they put their activities in youtube as self-expression, self-existence and self-freedom. Youngsters’ identities identified as instant, flexible, fluid, and out of standard of real world’s self-existence.


Full Text:

PREVIEW DOCUMENT

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2356-0185

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA