Aplikasi Interaktif Materi Pembelajaran Perkembangan Janin dan Persalinan pada SMK Kesehatan Mutiara Insani

Nurdiana Handayani, Angga Aditya Permana

Abstract


Abstrak - Komunikasi adalah aktifitas menyampaikan apa yang ada dipikiran, konsep yang kita miliki yang ingin kita sampaikan pada orang lain atau sebagai seni mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Berbagai metode telah diterapkan untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Namun banyak guru/dosen yang menggunakan metode pembelajaran dengan lisan saja. Hal ini membuat para pelajar jenuh dan bosan. Bahkan sering terjadi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seorang guru/dosen sulit menjelaskan materi ajar kepada murid-muridnya, karena keterbasan dalam menggambarkan (visualisasi) permasalahan atau materi yang sedang disampaikan. Sebaliknya tidak jarang siswa/mahasiswa yang kreatif ingin membuat sendiri gambaran secara visual materi ajar yang ia terima dari dosen/guru. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis membuat suatu aplikasi berupa aplikasiinteraktif/multimedia interaktif yang tujuannya untuk meningkatkan motivasi belajar melalui pengembangan dan penciptaan sarana belajar, sumber belajar, dan menunjukkan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi interaktif ini menggunakan metode perancangan sistem Finite State Machine (FSM) sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak.

Kata Kunci – Aplikasi, Animasi Interaktif, Finite State Machine (FSM)

Abstract - Communication is an activity of delivered of the things that contains in our mind, some kinds of concepts that we have and we wanted to deliver it to the others or as an art of influencing the other to do what we want to do. Many methods have been carried out to reach the good result of learning process. Though many teachers/lecturers that only use the learning method orally. This made the students to be bored. There are many cases in the Learning Process that a teacher/lecturer usually faced difficulties in delivering the material to the students, because of its limitation in visualizing the problems or the material that given to the students. On the contrary, there are creative students that often wanted to make their own description visually from the material that he/she got from the teacher/lecturer.To counter and to solve that problems, the writer made a new application called interactive application/interactive multimedia in order to improve their motivation in learning through developing and creating the facilities of learning, the source of learning and showing some progress in information technolog. This interactive application uses the Finite State Machine (FSM) system design methodology as a control system design methodology, the application of FSM has been widely applied to the software.

Keywords - Application, Interactive Animation, Finite State Machine (FSM)


Full Text:

PDF

References


. D.W. Samodra, V. Suhartono, S. Santosa. Multimedia Pembelajaran

Reproduski Pada Manusia. Jurnal Teknik Informatika. 5. 2009.

. G.M. McAndrews, S. Chadwick, R.E. Mullen, Nacta Journal. URL:

http://proquest.com (Diskses 15 Desember 2010).

. B. Iwan. 2010. Multimedia Digital Teori+ Pengembangannya. Yogyakarta:ANDI.

. F. Ibis. 2002. Macromedia Flash Animation & Cartooning: A Creative

Guide. McGraw-Hill: London.

. I. Setiawan. 2006. Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM. Semarang: Universitas Diponegoro

. A.T. Hidayatullah. 2007. Secara Mudah Membuat Objek Web dengan

Macromedia Flash Profesional 8. Surabaya: Indah Surabaya.

. H. Hendratman. 2008. The Magic of Macromedia Director. Bandung:Informatika




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i3.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor