Rancang Bangun Alat Ukur PH, Suhu dan Kelembaban Pada Media Tanam Jamur Tiram

Habibah Nurul Hidayah, Anwar Mujadin

Abstract


Abstrak – Pada tulisan ini akan dibahas mengenai teknis pengukuran akurasi pH, suhu dan kelembaban yang menjadi bagian terpenting dalam menentukan kelayakan media jamur terutama pada tumbuh kembang jamur. Dalam penelitian ini telah dikembangkan sebuah divais elektronika untuk pengukuran media jamur terutama pH, suhu dan kelembaban yang dirancang secara terintegrasi menggunakan mikrokontroler ATmega8. Prototipe dilengkapi dengan sensor pH TD60805 dan sensor suhu -kelembaban DHT22.

Kata Kunci - Prototipe Pengukur pH, Suhu dan Kelembaban Media Tanam Jamur. ATMega8, DHT22, dan Probe TD60805.

Abstract - This paper will discuss about the technical measurement of pH accuracy, temperature and inertia which become the most important part in determining the feasibility of mushroom media, especially on mushroom growth. This research has developed an electronic device for measurement of mushroom media especially pH, temperature and humidity which is designed integrated using ATmega8 microcontroller. The prototype is equipped with a TD60805 pH sensor and a DHT22 temperature-humidity sensor.

Keywords - Prototype pH Measurement, Temperature and Humidity or Mushroom Growing Media, ATMega8, DHT22 and Probe TD60805


Full Text:

PDF

References


L.Mufarrihah, “Pengaruh Penambahan Bekatul dan Ampas Tahu Pada Media Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih”, Universitas Islam Negri Malang, Malang, 2009.

P.Vany’sek,”The Glass pH Electrode”, The Electrochemical Society Interface, 2004.

G.McMillan & D.Joseph, “Adventures in pH Control”, the 2012 Emerson Exchange in Anaheim, California USA, 2012.

R.E.Wahyono, “Rancang Bangun Sistem Kendali Otomatis Temperatur dan Kelembaban Kumbung Jamur Tiram Berbasis Mikrokontroler”, Universitas Lampung, Bandarlampung, 2016.

I.Purnama, “Rancang Bangun Alat Pengukuran Laju Kendaraan Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 8”, perpustakaan UNIKOM, 2011

D.M. Sembiring, “Simulasi Rancang Bangun Alat Hitung Sepeda Motor

Memanfaatkan Inframerah Sebagai Input Pada Pintu Gerbang”, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2014

H.Nurjaya, “Rancang Bangun Prototipe Pengendalian Kelembaban Pada Kumbung Jamur Tiram Dengan Kabut Buatan Berbasis Mikrokontroler Attini45”, Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, 2013.

S.Y.Arto, “Visualisasi Pengaturan Suhu dan Kelembaban Udara Pada Media Ruang Tumbuh Jamur Dengan Program Visual Basic 6.0”, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2006.

S.Hadi & F.Rakhmad, “Pengaturan Suhu dan Kelembaban Pada Miniatur Kumbung Jamur Tiram”, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2015.

E.E.C.Ginting, “Alat Sistem Pengendali Suhu dan Kelembaban pada Inkubator Jamur”, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i3.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor